Kamis, 17 April 2014

Himbauan kepada segenap dosen untuk mengurangi pemberian tugas yang menggunakan kertas (paper less)



Saya berasal dari Probolinggo. Saya mahasiswa prodi Pendidikan Biologi di Universitas Negeri Jember. Disini saya akan membahas sedikit pentingnya kertas bagi mahasiswa khususnya mahasiswa di Universitas Negeri Jember.
Kertas sangat akrab dengan kehidupan kita sebagai mahasiswa. Tiada hari tanpa kertas. Bahan dasar kertas adalah pohon atau kulit pohon. Dengan demikian pada dasarnya selembar kertas adalah sebagian dari pohon, keberadaan kertas harus terlebih dahulu menebang pohon. Makin banyak kertas yang digunakan, makin banyak pohon yang harus ditebang.
Penebangan pohon secara besar-besaran di seluruh Planet Bumi sudah jelas berdampak lanngsung terhadap memburuknya kondisi lingkungan. Bagaimanapun hutan yang antara lain merupakan kumpulan pohon, memiliki status sebagai paru-paru, pendingin dan penyejuk bagi Planet Bumi. Bisa dikatakan, pemakaian kertas yang berlebih akan memicu penebangan pohon yang semakin banyak, berarti semakin menyusutnya luas area hutan, berarti secara langsung merusak kondisi Planet Bumi. Beragam bencana mulai dari banjir, kelaparan dan pemanasan global bisa berpangkal dari adanya kerusakan hutan.
Sudah tentu penggunaan kertas harus mulai dibatasi. Berbagai cara bisa dilakukan dari yang sederhana seperti penggunaan secara bolak-balik atau dua sisi sampai bebas kertas sam sekali (paper less). Melalui pemanfaatan beragam gadget seperti laptop, notebook dan tablet pemakaian kertas dapat dihemat, bahkan dihindari. Model perkuliahan e-learning yang berbasis web . hampir semua penugasan tidak dalam bentuk makalah tercetak atau lembaran-lembaran kertas, tetapi melalui pemanfaatan e-mail, web-blog, situs jejaring sosial dan media online.
Keberadaan pohon begitu penting, karena pohon menyerap karbondioksida dan melepaskan oksigen. Sedangkan oksigen merupakan gas untuk memenuhi proses pernapasan manusia dan beragam makhluk lainnya. Keberadaan pohon juga bisa mengurangi keberadaan gas rumah kaca sebagai pemicu pemanasan global. Dengan makin menguatnya kesadaran lingkungan setiap orang dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat. Maka  dari itu diharapkan dapat mengurangi pemberian tugas yang menggunakan kertas (paper less) oleh segenap dosen di Universitas Negeri Jember.

Yuk kunjungi ini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About