Minggu, 18 Mei 2014

SOAL PTI

Bagaimana cara melakukan navigasi dengan cepat dalam dokumen yang berhalaman banyak tanpa harus bersusah payah melakukan scroll ?
           
Dengan menggunakan Document Map kita dapat melakukan navigasi dengan cepat dalam dokumen yang berhalaman banyak tanpa harus bersusah payah melakukan scroll.
            Berikut langkah-langkahnya :
1.    Pertama-tama, semua heading dalam dokumen harus diformat dengan heading style agar bisa muncul di Document Map
2.    Selanjutnya untuk menampilkan Document Map, menggunakan cara berikut :
a.    Pada view tab, show/Hide group, centang kotak Document Map
b.    Klik kanan pada heading di dalam Document Map dan pilih level heading yang ingin ditampilkan
c.    Klik heading yang diinginkan pada Document Map. Insertion point pada dokumen akan berpindah ke heading yang dipilih

d.    Untuk menutup Document Map, klik simbol X pada kanan atas Document Map pane

Apa kelebihan dan kekurangan Microsoft Excel ?
a.    Kelebihan
1.    Excel 2007 mempunyai kemampuan menampung data yang cukup besar dengan 1 juta baris dan 16.000 kolom dalam 1 sheet.
2.    Excel 2007 format yang paling populer dan fleksibel jadi sebagian besar software data entry ada fasilitas konversi ke format excel atau format lain yang bisa dibaca excel. Atau jika dibutuhkan kita bisa konversi balik dari excel ke sofware statistik lainnya.
3.    Dengan memanfaatkan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP, kita bisa mengontrol identitas responden untuk keperluan transfer informasi antar tabel, antar sheet atau antar file excel
4.    Dengan Pivot Tables, kita bisa kerja lebih efektif karena semua tabel summary yang kita rencanakan bisa kita buat dahulu walaupun data belum masuk semua. Setiap ada Data masuk otomatis pivot table akan me-refresh sehingga tabel akan terupdate sendiri.
b.    Kelemahan ;
1.    Pivot tabel yang menyertakan banyak kolom/pertanyaan menghasilkan tabel berupa crosstab atau nested atau tersarang. Jadi harus membuat 2 tabel pivot untuk masing-masing pertanyaan/kolom. Kendalanya adalah harus memperhitungkan jumlah kategori jawaban yang akan ditabelkan, karena pivot otomatis akan menggunakan kolom dan baris baru kesamping/kebawah sehingga jika disamping atau dibawah ada tabel pivot lain, maka akan eror.
2.    Untuk tabel yang besar dengan ukuran file lebih dari 10 MB, maka secara default excel akan melakukan proses Workbook Calculating yang kecepatannya tergantung dari processor dan RAM komputer
3.    Untuk membuat kolom baru yang berisi pengkategorian dari sebuah kolom/jawaban pertanyaan atau membuat filter responden kita harus membuat rumus Excel baik rumus matematika , logika maupun teks.

Apa perbedaan desain grafis, desain multimedia, dan desain komunikasi visual ?

            Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi symbol-simbol yang bias disembunyikan. Desain grafis diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk pada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).seni desain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk didalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
            Desain multimedia merupakan pengembangan desain grafis statis. Desain multimedia bekerja dan menghasilkan karya yang tidak hanya dapat dinikmati secara visual, tetapi juga audio. Dengan desain multimedia, memudahkan orang lain atau target untuk menangkap kesan dan pesan yang disampaikan. Hasil kerja desain multimedia seringkali berupa VCD, DVD, atau perangkat penyimpan lainnya. Pengambilan teks, gambar, suara dan media sumber lainnya dapat menggunakan kamera digital, mengunduh dari internet, kamera perekam video, dan sebagainya. Kegunaan desain multimedia antara lain untuk membuat dokumentasi event, curriculum vitae, demo produk, dsb.
            Desain  komunikasi visual atau lebih dikenal dikalangan civitas akademik di Indonesia dengan singkatan DKV pada dasarnya merupakan istilah penggambaran untuk proses pengolahan media dalam berkomunikasi mengenai pengungkapan idea atau penyampaian informasi yang bias terbaca atau terlihat. Desain komunikasi visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (sign), gambar (drawing), lambing dan symbol, ilmu dalam 


Sebutkan macam-macam jaringan berdasarkan jangkauan geografis?

            Macam-macam jaringan berdasarkan jangkauan geografis yaitu :
1.    Jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau tempat yang berukuran sampai beberapa 1-10 kilometer. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan stasiun kerja (workstation) dalam kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama sumberdaya (misalnya pencetak/printer dan salling bertukar informasi)

2.    Jaringan wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN), merupakan perluasan jaringan LAN sehingga mencakup satu kota yang cukup luas, terdiri atas puluhan gedung yang berjarak 10-50 kilometer.

3.    Jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN). Kabel transmisi yang digunakan adalah kabel serat optik (Coaxial Cable). Jaringan wilayah luas merupakan jaringan antarkota, antar propinsi, antar negara, bahkan antar benua. Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia, misalnya jaringan yang menghubungkan semua bank Indonesia , atau jaringan yang menghubungkan semua kantor Perwakilan Indonesia di seluruh dunia. Meski transmisi utama adalah komunikasi lewat satelit, tetapi banyak yang mengandalkan koneksi serat optik antar negara.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About