Minggu, 13 Oktober 2013

bunga teratai

Di Indonesia ini banyak sekali jenis tumbuhan,salah satunya adalah jenis bunga,ada bunga yang tumbuh di tempat yang kering,dan ada bunga yang tumbuh di tempat yang berair atau danau.Di bawah ini saya akan membahas salah satu jenis bunga yang hidup di air yaitu bunga teratai.
Bunga teratai atau nimphaea adalah bunga yang tumbuh di atas permukaan air yang tenang,dan tumbuh diatas daunnya yang lebar. Bunga teratai dalam bahasa inggris dikenal dengan sebutan waterlily dan di Indonesia juga biasa di sebut sebagai bunga lotus. Bunga terdapat di atas permukaan air (tidak mengapung), kelopak bersemu merah (teratai berwarna putih hingga kuning), daun berbentuk lingkaran penuh dan rimpangnya biasa dikonsumsi.
Tanaman tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun terdapat di permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkai terdapat di tengah-tengah daun. Daun berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daun tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.
Keunikan dari bunga teratai adalah Teratai tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor, coklat), warna bunganya lebih cemerlang. Warna bunga bila putih lebih putih, bila merah lebih merah, bila merah muda makin terang warnanya.
Ciri-ciri khusus dari bunga teratai adalah teratai yang hidup di air memiliki rongga udara pada batang dan akarnya. Daun teratai lebar dan tipis, sehingga mempermudah penguapan pada bunga.
Di bawah ada beberapa makna warna dari bunga teratai:
  •     Warna Putih
Teratai putih melambangkan Bodhi (Sansekerta untuk pencerahan).
Murni melambangkan tubuh, pikiran dan jiwa, bersama dengan kesempurnaan spiritual dan perdamaian sifat seseorang.
Sebuah bunga teratai umumnya dilengkapi dengan delapan kelopak, yang sesuai dengan Delapan Jalan Hukum Baik.  Teratai putih dianggap sebagai teratai dari Buddha (tapi tidak Buddha sendiri) karena disebutkan di atas simbol-simbol yang terkait dengannya.
  • Warna Merah
Teratai merah melambangkan keadaan asli hati. simbol cinta, kasih sayang, keaktifannya, nafsu dan emosi lain yang terkait dengan hati
 . Teratai merah biasanya digambarkan dengan kelopak terbuka, yang mungkin untuk melambangkan keindahan dan keterbukaan hati yang memberi.
 Teratai merah muda adalah teratai tertinggi, sering dikaitkan dengan dewa tertinggi, Sang Buddha sendiri. Meskipun sering bingung dengan teratai putih, itu adalah teratai merah muda yang melambangkan Buddha dimana teratai putih digunakan untuk tokoh-tokoh suci yang lebih rendah.
  • Warna Ungu
Teratai ungu dikenal sebagai mistik teratai, dan hanya diwakili dalam beberapa sekte Buddha esoterik. Teratai ini seringkali digambarkan beberapa cara

itu mungkin mekar atau hanya sebuah kuncup. Hal ini dapat didukung oleh satu batang, sebuah batang tiga yang melambangkan tiga bagian dari Garbhadhatu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About